BLOG ALIF GROUP

Alasan Mengapa Mobil “Zaman Now” Lebih Mudah Ringsek?

Alasan Mengapa Mobil “Zaman Now” Lebih Mudah Ringsek?

Yogyakarta, alifsewamobil.com — Masyarakat pernah melihat, ketika mobil tabrakan, bagian depan terlihat lebih mudah rusak. Lalu, muncul banyak pertanyaan dan anggapan bahwa kualitas mobil zaman sekarang lebih jelek, ketimbang model lawas, karena gampang ringsek. Sebagian orang mungkin sudah tahu, tetapi jika belum mengerti hal tersebut karena mobil zaman now sudah dibekali teknologi crumple zone alias zona benturan. Otomatis, apabila mobil tersebut mengalami tabrakan dari bagian depan, hidung mobil itu menjadi mudah remuk. Tujuan utama, jelas untuk keselamatan penumpang yang ada di dalam kabin. “Ini terobosan yang dipakai oleh produsen otomotif di dunia untuk mengurangi cidera yang ditabrak dan juga yang di dalam mobil,” kata Pemilik Bengkel GardenSpeed Taqwa Suryono Swasono belum lama ini di kawasan BSD, Tangerang.

alasan mengapa mobil zaman now lebih mudah ringsek

 

Bukan hanya Taqwa, General Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM) Dadi Hendriadi juga mengatakan demikian. Menurut dia, mobil keluaran terbaru kebanyakan sudah mengadopsi teknologi crumple zone. Sebab, hal itu didesain untuk meningkatkan keamanan penumpang kendaraan saat terjadi tabrakan. Benturan mampu diredam oleh bodi bagian depan karena bagian depan itu akan melipat atau mengkerut ketika terjadi benturan.

“Dengan begitu, penumpang tidak akan mengalami luka parah ketika terjadi kecelakaan. Meski mobil ringsek, orang di kabin tidak akan terluka parah, sebab mesin depan juga diperhitungkan untuk membantu penyerapan benturan,” ujar Dadi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu. Secara pengertian, crumple zone merupakan area  kendaraan didesain untuk mengerucut dan berubah bentuk saat tabrakan terjadi. Dengan demikian, energi akan terserap dan mengurangi efek tumbukkan yang bisa menyebabkan cidera fatal pada penumpang.

BERIKAN NILAI

Leave a Reply