BLOG ALIF GROUP

Open Trip raja Ampat Murah via Yogyakarta

Open Trip raja Ampat Murah via Yogyakarta

open trip raja ampat murah via yogyakarta

Open Trip Raja Ampat Murah via Yogyakarta

Open Trip raja Ampat Murah via Yogyakarta – Berikut ini kami (ALIF TRANSPORT) akan menyampaikan beberapa tips memilih paket wisata ke Raja Ampat agar tidak kecewa akibat salah pilih. Tips yang akan kami sampaikan di bawah ini adalah yang ditujukan bagi NON-Backpacker yang memilih layanan yang aman dan nyaman dengan harga yang wajar.

  1. MEMILIH PENERBANGAN YANG TEPAT

    Untuk wisatawan Open Trip raja Ampat Murah via Yogyakarta. Yang berasal dari Jawa ada 2 opsi yang dapat di tempuh yaitu : dari Jakarta dan dari Surabaya. Dari Jakarta, jadwal penerbangan yang pas sesuai dengan jadwal kapal cepat yang berangkat dari Sorong menuju ke Raja Ampat adalah menggunakan Garuda dan Sriwijaya. Yang berangkat malam hari dgn rute Jakarta – Sorong dengan transit di Makassar (tidak ada penerbangan langsung dari Jakarta ke Sorong). Penerbangan tersebut akan tiba di Sorong jam 06.30 (Garuda) dan 06.45 (Sriwijaya) waktu setempat di Sorong. Sehingga penerbangan ini akan terkoneksi waktunya dengan kapal cepat yang berangkat jam 09.00 dari Pelabuhan Sorong menuju ke Raja Ampat. Tiba di Raja Ampat jam 11.00 dan jam 11,30-12.00 sudah di di resort langsung makan siang dan melihat keindahan resort. ( Baca : Open Trip raja Ampat Murah via Yogyakarta ).

  2. MEMILIH KELAS DALAM KAPAL CEPAT

    Kapal cepat ada 2 kelas yaitu bisnis dan VIP. Untuk kenyamanan pilihlah yang VIP. Yang terletak di lantai 2 kapal cepat. AC-nya lebih dingin dan kursi lebih nyaman. Untuk open trip kami saat ini kami selalu gunakan kelas VIP. Kecuali jika kondisi terpaksa tiket sudah full namun diupayakan tidak terjadi. Karena biasanya kami pesan 1 minggu sebelum keberangkatan. ( Baca : Open Trip raja Ampat Murah via Yogyakarta ).

  3. MENGESTIMASIKAN AKOMODASI TRIP

    (1) Untuk di Raja Ampat kami biasanya menggunakan akomodasi berbentuk resort yang terletak di Waisai. Kami biasanya memilih di Waisai agar mudah ke ibulota kabupaten untuk membeli berbagai keperluan. Untuk 2 pax menggunakan 1 cottage yang berbentuk satu bangunan dengan fasilitas AC dan kamar mandi di dalam. resort2 ini umumnya memiliki view tepi laut dengan pantai dan dermaga pribadi. Bagi beberapa komunitas backpacker yang menyelenggarakan trip murah biasanya menggunakan homestay milik warga yang banyak tersebar di beberapa pulau kecil tanpa ac hanya dilengkapi kasur, bantal dan kelambu dengan kamar mandi di luar. Untuk menuju homestay ini dari Waisai biasanya masih menggunakan transportasi laut berupa speed boat dan biasanya dikenakan biaya tambahan sesuai jarak lokasi pulau homestay (pertu ditanyakan biaya ini). ( Baca : Open Trip raja Ampat Murah via Yogyakarta ).

    (2) Untuk kembali dari Raja Ampat, setibanya di Sorong, bagi wisatawan dari Jawa harus bermalam 1 malam di Sorong karena kapal cepat tiba di Sorong sekitar jam 13.00 atau lebih tergantung situasi perjalanan, sementara penerbangan ke Jakarta/Surabaya via Makassar umumnya pagi dan terakhir adalah Garuda jam 14.30 dan ini tidak menjamin terkejar karena turun dari kapal capat butuh waktu dan proses keluar pelabuhan sampai ke kendaraan dan proses boarding di airport juga memerlukan waktu sehingga tidak bisa menjamin terkejar atau kapal cepat tidak terlambat. Yang tepat adalah bermalam 1 malam di Sorong dan bisa eksplorasi kota Sorong sambil membeli souvenir khas Papua yang lengkap ada di kota ini. Hotel *3 terbaik adalah Royal Mamberamo dan *4 adalah Swissbel Hotel. ( Baca : Open Trip raja Ampat Murah via Yogyakarta ).

    NOTE:

    Di beberapa spot ada biaya sandar speed boat atau semacam donasi yang harus dibayarkan. Perlu ditanyakan apakah biaya ini sudah termasuk dalam biaya paket. Dalam paket kami semua biaya ini sudah termasuk. Selain itu untuk menjaga kelestarian alam, wisatawan wajib membeli entrance tag untuk wisatawan domestik sebesar Rp. 250.000 per orang dan diberi sebuah pin. Kami juga sudah memasukkan biaya ini dalam biaya paket sebagai bentuk ikut peduli terhadap pemeliharaan kelestarian alam.

SEKILAS TENTANG RAJA AMPAT

Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan menurut empat pulau terbesarnya, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta.

Raja Ampat dapat dicapai dengan pesawat dari Jakarta atau Bali ke Sorong via Makassar atau Ambon dan Manado. Penerbangan memakan waktu kurang lebih 6 jam. ( Baca : Open Trip raja Ampat Murah via Yogyakarta ).

Dari Sorong, untuk ke Raja Ampat ada dua cara:

  1. Ikut tur dengan perahu pinisi atau
  2. Tinggal di resort Raja Ampat Dive Lodge.

Untuk menjaga kelestarian bawah laut Kepulauan Raja Ampat, usaha-usaha konservasi sangat diperlukan di daerah ini. Ada dua lembaga internasional yang konsen terhadap kelestarian sumber daya alam Raja Ampat, yaitu CI (Conservation International) dan TNC (The Nature Conservancy). Pemerintah sendiri telah menetapkan laut sekitar Waigeo Selatan, yang meliputi pulau-pulau kecil seperti Gam, Mansuar, kelompok Yeben dan kelompok Batang Pele, telah disahkan sebagai Suaka Margasatwa Laut. Menurut SK Menhut No. 81/KptsII/1993, luas wilayah ini mencapai 60.000 hektare. ( Baca : Open Trip raja Ampat Murah via Yogyakarta ).

Selain itu, beberapa kawasan laut lainnya telah diusulkan untuk menjadi kawasan konservasi. Masing-masing adalah Suaka Margasatwa Laut Pulau Misool Selatan, laut Pulau Kofiau, laut Pulau Asia, laut Pulau Sayang dan laut Pulau Ayau. Kebanyakan wisatawan yang datang ke Raja Ampat saat ini adalah para penyelam. Untuk yang bukan penyelam ada sejumlah pantai berpasir putih, gugusan pulau karst dan flora dan fauna endemik seperti cendrawasih merah, cendrawasih Wilson, maleo waigeo, beraneka burung kakatua dan nuri, kuskus waigeo, serta beragam jenis anggrek. ( Baca : Open Trip raja Ampat Murah via Yogyakarta ).

BERIKAN NILAI

Leave a Reply